Detail Kelas

cover

Jadilah murid pertama yang menyukai kelas ini

Study Kelayakan Bisnis

60 Menit
16-20 tahun
Menengah
-
Deskripsi Singkat Kelas :
Pengertian studi kelayakan bisnis
Apa yang dimaksud dengan studi kelayakan usaha? Secara umum, pengertian studi kelayakan bisnis adalah kegiatan menguji kelayakan suatu usaha maupun proyek dengan mengidentifikasi masalah, peluang, tujuan, dan lain-lain.

Hal ini sebetulnya dilakukan untuk membantu pengusaha mengambil keputusan tepat serta menghindari kerugian yang besar saat menjalankan bisnis.

Dalam kata lain, pengertian studi kelayakan bisnis adalah riset yang dilakukan guna menggambarkan situasi, operasional, hingga menilai hasil manfaat dari suatu proyek. Dengan begitu, Anda dapat menentukan keberhasilan bisnis yang ingin dijalankan.

Adapun hal-hal yang akan diteliti dan dianalisis dalam studi ini, di antaranya:
Deskripsi pasar
Deskripsi bisnis
Teknologi yang diperlukan
Rincian finansial dan struktur organisasi bisnis
Kesimpulan bagaimana usaha yang dirintis dapat berhasil
Tujuan dan manfaat studi kelayakan bisnis
Setelah memahami apa yang dimaksud dengan studi kelayakan usaha, penting juga bagi Anda mengetahui tujuan dan manfaatnya.

Pada dasarnya, tujuan studi kelayakan bisnis adalah untuk mengukur peluang keberhasilan suatu usaha di masa mendatang. Sehingga, pengusaha dapat menilai apakah bisnis tersebut layak dijalankan atau tidak.

Sebaliknya, jika Anda melakukan studi atau analisis kelayakan usaha sebelum merintisnya, Anda bisa memperoleh berbagai manfaat, seperti:
1. Mempermudah perencanaan bisnis
Manfaat studi kelayakan bisnis yang pertama ialah mempermudah perencanaan usaha. Yup, studi ini akan membantu Anda memperoleh berbagai informasi terkait bisnis tersebut, termasuk kelebihan serta kekurangannya. Dengan begitu, perencanaan kegiatan pun lebih mudah dilakukan.

2. Melancarkan pelaksanaan bisnis
Selain mempermudah perencanaan, manfaat studi kelayakan bisnis juga dapat melancarkan pelaksanaannya. Sebab, hasil dari analisis studi akan membantu pengusaha mengevaluasi program dan kebijakan mana saja yang memberikan keuntungan maupun kerugian bagi perusahaan.

3. Memperkecil risiko kerugian
Tujuan studi kelayakan bisnis lainnya ialah untuk meminimalisir risiko kerugian di masa depan, baik yang bisa dikendalikan maupun tidak. Dengan melakukan analisis studi ini, Anda dapat mempersiapkan segala alternatif guna mengantisipasi kegagalan.

4. Mempermudah pengawasan
Hasil dari analisis kelayakan usaha juga bisa membantu para pengusaha melakukan pengawasan dengan lebih mudah. Laporan hasil studi tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman utama dalam memantau dan memonitor segala aspek bisnis.

5. Mempermudah pengendalian
Di samping membantu pengawasan, tujuan dan manfaat studi kelayakan bisnis adalah untuk mengontrol masalah yang ada. Dengan memanfaatkan informasi dari hasil analisis studi kelayakan tersebut, Anda dapat dengan mudah mengambil keputusan serta menyelesaikan persoalan secara cepat dan tepat.
Erlina Nur Arifani

Kak Erlina Nur Arifani

Bisnis

Kelas yang mungkin kamu minati.