Detail Kelas

cover

Jadilah murid pertama yang menyukai kelas ini

Brand Positioning

60 Menit
16-20 tahun
Menengah
-
Mempelajari
1. Apa itu market positioning?

Market positioning/posisi pasar mengacu pada kemampuan untuk mempengaruhi persepsi konsumen mengenai merek atau produk relatif terhadap pesaing. Tujuan penentuan market positioning adalah untuk menetapkan citra atau identitas suatu merek atau produk sehingga konsumen dapat melihatnya dengan cara tertentu.

Contoh:

– Pembuat tas dapat memposisikan merek tasnya sebagai tas mewah
– Pembuat TV dapat memposisikan TVnya sebagai yang paling inovatif dan mutakhir

2. Jenis Strategi Positioning
Ada beberapa jenis strategi penentuan positioning. Beberapa contoh positioning berdasarkan:

Manfaat produk: Mengaitkan merek / produk anda dengan karakteristik tertentu atau dengan nilai manfaat tertentu
Harga produk: Mengaitkan merek / produk anda dengan harga yang kompetitif
Kualitas produk: Mengaitkan merek / produk anda dengan kualitas tinggi
Penggunaan dan aplikasi produk: Mengaitkan merek / produk anda dengan penggunaan spesifik
Pesaing: Membuat konsumen berpikir bahwa merek / produk anda lebih baik daripada pesaing anda

Contoh pernyataan positioning yang akan berfungsi untuk mengidentifikasi bisnis anda dan bagaimana merek anda dirasakan oleh konsumen.

1. Tentukan keunikan perusahaan anda dengan membandingkan dengan pesaing.
Bandingkan perbedaan antara perusahaan anda dan pesaing untuk mengidentifikasi peluang. Fokus pada keunggulan anda dan bagaimana pesaing dapat memanfaatkan peluang ini.

2. Identifikasi posisi pasar saat ini
Identifikasi posisi pasar anda saat ini dan bagaimana positioning baru akan bermanfaat dalam membedakan anda dari pesaing.

3. Analisis posisi pesaing
Identifikasi kondisi pasar dan besarnya pengaruh yang dapat dilakukan masing-masing pesaing terhadap satu sama lain.

4. Kembangkan strategi penentuan posisi
Melalui langkah-langkah sebelumnya, anda harus mencapai pemahaman tentang apa perusahaan anda, bagaimana perusahaan anda berbeda dari pesaing, kondisi pasar, peluang di pasar, dan bagaimana perusahaan anda dapat memposisikan diri.

3. Apa itu Reposisi Pasar?
Reposisi pasar adalah ketika perusahaan mengubah merek atau status produk yang ada di pasar. Reposisi biasanya dilakukan karena kinerja yang menurun atau perubahan besar dalam lingkungan.
Erlina Nur Arifani

Kak Erlina Nur Arifani

Bisnis

Kelas yang mungkin kamu minati.