Detail Kelas

cover

Jadilah murid pertama yang menyukai kelas ini

Segmentasi, Targeting, dan Positioning

60 Menit
16-20 tahun
Menengah
-
Kelas ini bertujuan untuk :
• Mengarahkan dan memberi fokus pada strategi pemasaran seperti dalam penerapan targeted advertising, pengembangan produk baru atau diferensiasi brand dengan mengalokasikan sumber daya untuk segmentasi target.
• Mengidentifikasi peluang pertumbuhan pasar dengan melihat pelanggan baru dan penggunaan produk.
• Mencocokan sumber daya perusahaan yang efektif dan efisien untuk menargetkan segmen pasar yang menjanjikan return on marketing investment yang lebih besar.
• Meningkatkan posisi perusahaan menjadi lebih kompetitif.

Segementing Sementing atau segementasi adalah pembagian pasar. Menurut Philip Kotker dan Gary Amstrong dalam buku Dasar-Dasar Pemasaran (1994), segmentasi pasar adalah pembagan pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda. Sehingga segmenting adalah proses memisahkan pasar berdasarkan kebutuhan juga karakteristiknya.

Segemntasi pasar akan memudahkan perusahaan untuk melakukan jenis marketing yang sesuai untuk mencaai target penjualan. Dibawah ini adalah salah satu pengelompokan dari segmenting:
1. Sementasi geografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan lokasi geografis misalnya suatu desa, kota, provinsi, ataupun negara.
2. Segmentasi demografis adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kondisi demografis misalnya usia, jenis kelamin, pendapatan, dan pekerjaan. Segementasi psikografis adalah adalah pengelompokkan pasar sesuai dengan kelompok gaya hidup tertentu.
3. Segmentasi perilaku adalaj pengelompokkan pasar sesuai dengan tingkah laku konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi suatu produk.

Targeting
Setelah melakukan segmenting dan mengetahui kelompok (segmen) pasar, perusahaan kemudian harus melakukan targeting atau menentukan target segmen pasar. Artinya, perusahaan harus mengevaluasi setiap segmen pasar dan menentukan segmen pasar mana yang paling potensial segabai target pemasaran. Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong dalam buku Dasar-dasar Pemasaran (1994), dalam mengevaluasi segmen-segmen pasar yang beberbeda, perusahaan harus menelaah ukuran dan pertumbuhan segmen, kemenarikan struktural segmen (termasuk keberadaan pesaing), serta kesesuaian sasaran dan sumber daya perusahaan. Baca juga: Konsep dan Tujuan Pemasaran Positioning Setelah menentukan target segmen pasar, perusahaan kemudian bisa mulai berinteraksi dengan konsumen dengan cara positioning ke dalam segmen pasar tersebut. Menurut Rhenal Kasali dalam buku berjudul Membidik Pasar Indonesia:

Segmenting, Targeting, Positioning (2007), positioning adalah strategi komunikasi untuk memasuki jendela otak konsumen agar brand mengandung arti tertentu dan mencerminkan keunggulan terhadap produk serta merek dalam bentuk hubungan asosiatif. Positioning dilakukan sesuai dengan segmen pasar yang dipilih pada targeting. Representasi produk dalam positioning dilakukan sesuai dengan kebutuhan atau karakteristik segmen pasar. Sehingga calon konsumen dalam segmen pasar tersebut merasa terkait dengan produk perusahaan atau mereasa produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya.
Erlina Nur Arifani

Kak Erlina Nur Arifani

Bisnis

Kelas yang mungkin kamu minati.